^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Unggul

Kompetitif

Profesional

Melayani dengan Sepenuh Hati

Perpustakaan FITK

Get Adobe Flash player

Oleh Muhbib Abdul Wahab

 

            Perpustakaan merupakan jantung lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Keberadaannya tidak hanya sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi pusat riset dan pengembangan ilmu. Namun, tidak jarang kunjungan mahasiwa ke perpustakaan menjadi kurang efektif karena tidak jelas tujuannya sekaligus tidak ”terampil” dalam memanfaatkan segala ”kekayaan ilmiah” yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah tips sederhana dalam memanfaatkan perpustakaan.

  1. Agendakan minimal seminggu sekali mengunjungi perpustakaan (universitas, fakultas, atau lainnya) dengan tujuan yang jelas, misalnya: mengumpulkan bahan untuk penyusunan makalah dengan topik tertentu. Saya menyarankan agar Anda mengunjungi perpustakaan setiap ada jam perkuliahan yang kosong.
  2. Niati kunjungan Anda ke perpustakaan untuk tujuan yang mulia dan target hasil yang jelas dan terukur. Misalnya: dalam 2 jam di perpustakaan, saya harus bisa menemukan makna ”jihad” dari berbagai kamus/mu’jam yang ada!
  3. Pelajari dan pedomani tata tertib dan panduan pemanfaatan perpustakaan, agar Anda tidak melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebaiknya Anda selalu membawa kartu tanda anggota perpustakaan agar memperoleh layanan yang maksimal.
  4. Pelajari dan pedomani pula daftar katalog dan tata letak ruang perpustakaan, termasuk letak koleksi bidang ilmu tertentu, dengan baik agar ketika hendak melakukan pencarian literatur Anda tidak mengalami kesulitan. Memahami tata ruang akan sangat menghemat waktu Anda.
  5. Pastikan Anda mengunjungi perpustakaan dengan membawa perangkat yang diperlukan (kartu anggota, buku catatan, pulpen, dan sebagainya, termasuk laptop jika diperbolehkan) untuk persiapan mencatat yang diperlukan.
  6. Kenali, manfaatkan, dan pelihara dengan baik segala fasilitas dan sarana prasarana yang dimiliki perpustakaan yang ditawarkan kepada Anda. Karena perpustakaan itu milik bersama, maka etos menjaga dan merawat fasilitas dan koleksi perpustakaan harus Anda tumbuhkan dalam diri Anda dengan penuh kesadaran.
  7. Jadikanlah kunjungan ke perpustakaan sebagai bagian dari budaya membaca, budaya riset, dan budaya menulis. Karena itu, jika perpustakaan memberi layanan peminjaman, misalnya 4 buah buku/minggu, optimalkan pemanfaatannya. Kalau saja setiap minggu menamatkan 4 buah buku sedang (200 sampai 350 halaman), berarti setiap bulan Anda bisa menamatkan 16 buku. Jadi, dalam setahun Anda kurang lebih mengkhatamkan 192 buah buku. Jika Anda menargetkan menjadi sarjana S1 selama 4,5 tahun, berarti Anda sudah mengkhatamkan 864 buah buku. Sungguh merupakan kenikmatan studi yang luar biasa dan patut disyukuri....!!
  8. Biasakanlah setiap memanfaatkan koleksi dan fasilitas perpustakaan lainnya dengan berdoa agar Anda diberikan Allah kemudahan dan keberkahan dalam memahami bacaan sekaligus mendoakan para penulis buku/karya ilmiah yang ”ilmu dan informasinya” diwakafkan itu diberikan pahala berlipat ganda.
  9. Persiapkan diri Anda untuk menjadi pembaca, peneliti, dan penulis yang kreatif. Jika dalam seminggu bisa menamatkan 4 buah buku, idealnya setiap minggu Anda juga menulis sebuah makalah atau tulisan ilmiah. Berkarya tidak harus menunggu ditugasi oleh dosen pengampu mata kuliah. Semakin ”daya jelajah baca dan jam terbang pembacaan” Anda tinggi, maka semakin banyak ide dan inspirasi yang seharusnya dituangkan dalam tulisan.
  10. Jauhi hal-hal yang tidak perlu dan tidak dibolehkan selama Anda berada di perpustakaan, misalnya: berbincang-bincang yang dapat mengganggu ”kekhusyukan” pengunjung lain, menerima panggilan telpon dengan suara keras, ”mojok dan/atau berpacaran”, dan sebagainya. Perlu diingat, merokok di perpustakaan pasti diharamkan!!
  11. Ketika meninggalkan perpustakaan, pastikan tidak ada barang Anda yang ketinggalan, lalu teguhkan kembali komitmen untuk mengunjungi kembali pada kesempatan berikutnya dengan semangat baru dan target yang lebih maju!!

 

Selamat menjadikan perpustakaan sebagai ”rumah kedua” Anda dalam mengantarkan kesuksesan Anda dalam studi. Cintailah ilmu dan ulama, serta kembangkanlah ilmu, antara lain, dengan mengoptimalkan fungsi perpustakaan sebagai jantung pendidikan dan pusat intelektualisasi insan masa depan.

Salam sukses penuh berkah...

Jakarta, 25 Oktober 2010

 

Pengunjung

We have 12 guests and no members online