^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Unggul

Kompetitif

Profesional

Melayani dengan Sepenuh Hati

Perpustakaan FITK

Get Adobe Flash player

Workshop Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah Dalam Menerapkan Perpustakaan Sebagai Learning Center

 

Penerapan perpustakaan berbasis learning center telah membawa perubahan terhadap peran dan fungsi perpustakaan sekolah. Tugas tenaga perpustakaan sekolah bukan lagi sebagai penjaga buku, memantau peminjaman dan pengembalian buku atau mengatur buku-buku di rak. Tenaga perpustakaan sekolah saat ini mempunyai tugas yang lebih penting sebagai pekeija informasi professional yang mengelola informasi dari koleksi perpustakaannya.

Salah satu program kegiatan perpustakaan yang dapat dilakukan bagi peserta didik dan pendidik dalam kaitan dengan interaksi dengan informasi ini adalah program pembelajaran siswa sepanjang hayat. Program kegiatan learning center adalah sebuah kegiatan yang bertujuan agar meningkatkan minat baca siswa dan penelusuran informasi di perpustakaan.

Untuk melaksanakan kegiatan ini Perpustakaan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terdorong untuk melaksanakan manajemen perpustakaan sekolah kepada petugas perpustakaan sekolah. Hal ini dikarenakan masih banyak pengelolaan perpustakaan sekolah dilakukan bukan oleh pustakawan melainkan oleh guru Bahasa Indonesia. Disamping itu sebagian besar alumni FITK UIN Jakarta bekerja sebagai tenaga pengajar dan kependidikan. Oleh karena itu sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, FITK UIN  Jakarta melaksanakan  pelatihan manajemen perpustakaan sekolah pada hari Minggu 30 Nopember 2015.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah pustakawan dan dosen di lingkungan UIN Jakarta diantaranya adalah Lolytasari, M.Hum.,  Lilik Istiqoriyah, M.Hum., Nurul Hayati, M.Hum. Terlaksananya kegiatan ini berkat kerjasama antara Perpustakaan FITK UIN Jakarta dan SDN 01 Bambu Apus Pamulang, Tangerang Selatan.

 

Pengunjung

We have 16 guests and no members online